Posts

Kakak Udah Gede

Image
Oleh: Rahma Dwi An Nabhani
Alumni putri PP Adnan Al Charish

_______________________
_______________________
Alhamdulillah..kakak udah gede...udah mulai mandiri..
Dulu sekolah pasti minta ditemenin emaknya😂..belum mau menulis dan bicara di hadapan gurunya walapun di rmh cerewetnya kebangetan😄,,sekolah 3 jam uang jajan 10rb ludes bahkan kadang kurang😂,,

Alhamdulillah.. Sekarang udah TK A ,,udh sekolah sndri tanpa emaknya (emaknya biar gak ngegosip terus ya😂😂😂),,jajan jg udh berkurang,,bahkan tanpa aku suruh pun,,katanya uangnya di tabung,,walapun cuma 2000?

Tadi pagi sekolah sndri..karna adeknya lagi skit emaknya gak nungguin di sekolah,,,aku kasih uang jajan 6000. Namanya emak2 ya,,walapun si kakak udh mau di tinggal tp msih belum tega ninggal sampai siang,,Sblum pulang skolah aku nyusul kesekolahnya,,sampai disana bu guru bilang si kakak tadi nabung 2000 😁 .

alhamdulillah.yang dulunya 10000 cuma buat jajan sekrg udh menyisihkan untuk menabung .. Sekiranya udah agk lama ,aku ti…

Mereka Yang Cantik Itu

Image
Oleh: moh kholil mughofar

_______________
_______________


kelebat mereka
senyuman mereka
lirikan mata mereka
ayunan tangan mereka
langkah gemulai mereka
suara pijakan mereka
bisik-bisik mereka

yang lalu-lalu
mengitar memutari satu cerita
pun yang kan datang
sembari membuka lembaran yang baru saja usai diketik

dengan binar mata manja
mereka pelan mengeja perhuruf
lalu perkata
kemudian perkalimat
sejurus kemudian tersenyum malu ingin bertanya
ada yang merah-merah yang nampak seketika

duduk beriring
lalu khusyuk mendengarkan satu suara
lagu indah yang mungkin hanya untuk sekali ini mereka jumpa
tak akan ada hari esok
kecuali jadi kenangan dan cerita
satu dua alenia
satu dua baris
satu dua halaman
dan alis lentik merekapun mulai meninggi
menyatu tuk menambah suatu keanggunan

sepuluh hari
menghitung terbit senja
sepuluh hari dengan dua kali senin dan dua kali selasa
menghitung detak jam dinding
juga barisan angka dalam kalender

bermanjalah
____________
____________
FMP3 di Tambak Beras
ini…

Manbaul Huda Madrasahku

Image
Oleh: Moh Kholil Mughofar

_________________________
_________________________
I
"Yaqulunur abdur rozaq jailani"
......................
Itu syatar pertama syair tauhid yang pernah kami baca
Yang mungkin tinggal kami saja yang masih tekun membuka lembar lembarnya
Syair cinta pak nur pada sang robb
Murobbi alim yang selalu terlantunkan kisahnya di balik sekat2 madrasah kecil kami
Murobbi sholeh nan penuh keikhlasan
Murobbi santun yang sangat terindukan

II
Sedari kecil kami mendengar nama mereka
Kyai2 tawadhu' panutan
Pun sedari dulu kami membaca
kitab-kitab mereka
Dari tauhid hingga tarikh
Dari arab sampai jawa
Sembari melagukannya dengan gembira
Di pinggir bengawan dan kelas2 diniyah
Seraya berceloteh riuh bersama
Meski hanya 60 lagu
Moga tersyafaati semua

III
Bapak-bapak kami terlampau sering berkisah
Tentang serombongan anak yang menuruti jalan tanah
Membawa oncor dan ublik
menerobos malam dan rasan2 orang desa
Berjalan keselatan dengan begitu bahagia
Lalu duduk manis m…

RENGKENG 1 (TAHUN BARU ISLAM 1439 H)

Image
Ponpes. Adnan Al Charish
Malam kamis, 20 September 2017

_______________________________
_______________________________
Dalam rangka ngurip-ngurip malam 1 muharam 1439 H ... MASDA (Majlis Santri PP Adnan Al Charish) mengadakan serangkaian acara sebagai ganti jam diniyah yang diliburkan.

Dimulai dengan takhtiman seusai jamaah maghrib dipimpin dewan asatidz, lalu ditutup dengan pembacaan doa takhtm dan doa awal tahun. Sedang doa akhir tahun sudah dibacakan sebelumnya bakda jamaah ashar. Dengan pengharapan mugi2 kedepannya bisa lebih baik dan yang sebelumnya menjadi bahan introspeksi diri agar tak mengulang kesalahan dan kekurangan yang sama. Yang baik lebih ditingkatkan dan yang kurang dibenahi.

Tanpa bubar dahulu, seluruh santri langsung diajak berjamaah isyak dan dilanjutkan pemaparan acara RENGKENG 1 yang nanti akan diadakan di serambi mushola. Pemaparan singkat disampaikan langsung oleh presiden MASDA. Jamaah dibubarkan agar bisa mempersiapkan diri (moco wirid to ngatur strategi aga…

SEBUAH DOA

Image
Oleh: Misanan E Mbak Irul

penuh cinta .

-------------------
-------------------
Ya Allah
Cukupkanlah umurku hingga tiba waktunya ku bertemu dengan ia yg tlah engkau siapkan
Cinta tersurat yang tlah tertuliskan dalam lauh mahfudh mu

Rukunkanlah kami
Dan bimbinglah kami hingga masa kami menerima beberapa amanahmu yang lucu
Cukupkanlah rizki kami
Dan lapangkan hati kami untuk merawat mereka

Senyumkanlah bibir kami
Perhaluslah lisan kami
Indahkanlah rumah kami
Hingga mereka bisa tumbuh menjadi yang sholih sholihah

Kan kami rawat bunga2 amanahmu
Kami sayang dan kami manjakan
Sampai bermekaran mereka
Bertemu belahan hati mereka
Berikrar mereka sebagaimana kami dulu
Menerima amanah mereka sebagaimana kami darimu dahulu

Oh indahnya .....

Dan setelah semuanya
Tutuplah romanku dengan kisah yang haru
Tangiskanlah semua orang
Rindukanlah semua manusia
Bekukanlah cinta padaku di hati mereka
Agar tak ada cinta yang rusak rapuh
Agar namaku tetap selalu tersenandungkan di sela kidung doa mereka yang…

SAHABATI

Image
SAHABATI

I
sahabati,
tadi pagi sempat terdengar ada beberapa kembang di samping dalem yang menangis
yang sebelumnya kembang-kembang  itu hanya terdiam demi kehilanganmu
beberapa hari lalu saat kami akan berangkat, mereka itu hanya diam memandang
tak berucap apapun
tak melambai walau sedikitpun
tak berteriak ingin ikut serta
tau pun mengejar sembari berharap bisa mengantarkanmu

II
sahabati,
saat rindu sudah tak tertahan
rasanya -bagikupun- tlah terlampau pantas untuk mereka itu menangis sejadi-jadinya
sebab si cantik yang biasa menyapa mereka sudah tiada lagi
yang berlalu sembari menebar senyum
yang tertawa sambil bertingkah lucu
yang melentikkan alis menyimak dawuh asatidz
yang membuka lembaran syair
tau pun yang sungkuk-sungkuk pada alim-alim
yang selalu membuat kembang-kembang itu tersipu kagum tak bisa lagi mereka lihat

III
sahabati,
tahukah dirimu jika segala sesuatu slalu berdzikir mendoakan kita?
para santri yang bermandi peluh, menahan rindu, dan belajar menyembunyikan rasa sa…

Telat

Image
Oleh: Same_
Adzan shubuh telah berkumandang beberapa menit lalu. Namun kenteng tiga tak kunjung terdengar. Hawa dingin dari hujan semalam masih terasa, membuat para santri menarik kembali selimut hangat mereka. Jam sudah menunjuk pukul 04:45. Namun sebagian besar santri masih terlelap. Mbak-mbak penguruspun menarik paksa selimut mereka dan memaksanya bangun. Sinar terang matahari kini benar-benar telah terlihat. Jamaah baru saja usai.Karena hari Jumat kegiatan santri selanjutnya adalah mengikuti tahlil bersama di sarean. Mereka nampak sama sibuk berganti dengan baju putih, kerudung putih, dengan bawahan sarung dan tak lupa berdandan sekedarnya. Berbeda dengan para santriyat yang lain, Izani dan keempat temannya; Ani, Fara, Lina dan Sinta masih berdiam diri di kamar mandi. Entah apa yang sedang mereka lakukan. “Ran… sudah selesai? Aku sudah” Ani berteriak dari kamar mandi sebelah. “Iya… sebentar lagi” Jawab Rani dengan suara malas. Setelah meng-qodlo’ sholat shubuh barulah ke lima  gadis itu…