7 Hari Menaklukkan Pesantren


Oleh: Ning Fia F.R.
“Bukan Santri Putri Biasa”

Ini adalah artikel pertama saya. Tapi biasa saja... Cuma sekedar mau cerita. Tentang budaya awal tahun.... Adat di pesantren, menyambut kedatangan teman-teman baru alias santri baru. Kira-kira tahun ini berapa ya mbak-mbak (juga kang-kang) baru yang mendaftar masuk ke pp alcha tercinta??
Ada banyak orang, ada banyak sifat yang berbeda-beda. Ada yang loman, baik, sumeh, sopan, lemah lembut, penyayang, ceria, suka berteman, suka menolong... Tapi ada juga yang judes, bakhil, mrengutan, cuek abis, jahat, suka jailin orang, gak sopan, gak ramah, tanpa belas kasih.... Wah! Pokok seluruh sifat orang sedunia kumpul di dalam asrama yang tak begitu luas ini. Jal bayangne mbak-mbak!!!! Oleh karena itu, kita harus punya strategy untuk mengatasi masalah ini agar jangan sampai nantinya kita jadi tidak kerasan kemudian boyong. Okelah... Ini dia strateginya:
...........................
HARI KE 1 :
Alias hal yang pertama kali yang mbak-mbak lsayakan. Pasang wajah yang sumeh/ramah. Senyum kalau lagi papasan[1] atau bertemu wajah dengan seseorang. Jangan senyum-senyum terusan, nanti dikira orang gila! Hehe. Terus, mulailah mengajak kenalan teman-teman sekamar. Pasti kamu tidak akan langsung hafal semua. Tak masalah. Ini hanya untuk membuat orang-orang kamar menjadi terbiasa dan mau menerima kedatangan kamu dengan baik. Nanti lama-lama sampyan akan hafal sendiri.

HARI KE 2 :
Buatlah keakraban dengan satu atau dua orang. Umumnya, anak baru akrabnya juga dengan sam-sama anak baru. Bila sudah punya teman akrab kan mau kluntrangkkluntrung kemanapun punya teman. Di pondok kalau sendirian itu bakal nelangsa banget mbak! Apa lagi pas ada jajan, dan ternyata kita tidak diajak... Mau nangis sekencang-kencangnya! Teman adalah segalanya. Di pesantren, teman adalah keluarga yang kita miliki. Sakit senang selalu bersama... Itulah arti kesetiaan seorang teman. Cieee
HARI KE 3 :
Selanjutnya, perluas pertemanan kamu, beralih ke kamar sebelah... Ajaklah kenalan 2 atau 3 anak. Kalau bisa pilih yang seumuran atau yang tak terlalu jauh selisihnya. Biar bisa nyambung kalau mau ngapa-ngapain.Salah satu cara mengakrabkan diri adalah mengajaknya makan atau sekedar ngemil. Kalau di pp ini adalah cara yang cos pleng!!!! Hehe
HARI KE 4 :
Mulailah berkenalan dengan mbak-mbak pengurus. Ini juga sangat penting. Di pesantren, konsep urutan masyarakat adalah kyai-pengurus-santri. Jadi kita akrab dengan mbak-mbak pengurus, biar kalau butuh apa-apa, misal disambang, akan lebih mudah.....Oh ya. Pertama buatlah keakraban dengan mbak bagian keamanan! Biar kalau kamu sedikit-sedikit melanggar akan aman
HARI KE 5 :
Hari ke lima saatnya kamu mulai mengenal ndalem. Bukan mengajak ngobrol, itu namanya su'ul adab! Cobalah selalu nampak, sering-sering menampakkan diri di sekitar ndalem, asal gak pas tengah malam saja hehe. Misal kamu mau nyapu halaman depan ndalem, itu sangat bagus. Pasti bunyai akan sangat senang dan bakal punya persepsi bagus pada kamu. Santri yang baik!
HARI KE 6 :
Dengan teman asrama sudah kenal. Dengan pengurus sudah kenal. Dengan ndalempun sudah kenal... Berarti saatnya mengakrabkan diri dengan guru-guru madin. Kyai-kyai yang allamah...... Mudah saja caranya. Kamu yang aktif, sering bertanya, tapi jangan terlalu. Nanti bukannya disukai tapi malah dipanggil oneng.. Pada dasarnya seorang guru sangat suka pada santrinya yang aktif. Juga jangan bolosan yha!!!
HARI KE 7 :
Sudah lengkap kan.... Kenal semua. Oh ya.... Sering-sering menyapa teman juga,,,, ringan tangan untuk menolong. Selalu berusaha memperbaiki citra kamu di mata teman, pengurus, ndalem juga guru-guru kamu.Hari ke tujuh, kamu tinggal ngaji-ngaji dan ngaji! Jangan pernah melanggar qonun,,,, ikuti semua kegiatan pesantren.... Beres!!!!!!!! Kamu telah menaklukkan pesantren baru!!!!!!!
...................
Hehehe kalau cara saya seperti ini... Entah kalau teman-teman, cocok atau tidak??? Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Baiklah sekian saja ya.... Sudah capek nulisnya. Semoga bermanfaat. Dah gitu aja.




[1] Bertemu

Comments