Dan Di Sinilah Diriku Kini


Oleh: Syarifah Az Zahra
“Menuliskan cerita milikku sendiri”

My name is Lailatus Syarifah from Cilacap. Kalau nama bekenku Syarifah Az Zahra. Dan berikut adalah sekilas cerita mondokku eh menawa bisa nginspirasi sapa bae lah:

Alamat lengkapku di desa Jeruklegi Kulon Rt. 5 Rt. 2 kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Desa yang manis kan, semanis orangnya (jiah haha).
Terus tentang keluarga saya, singkat ae ya ... Saya punya 1 orang bapak dan 1 orang ibu, 1 adik perempuan dan 1 adik laki-laki. Bapak asalnya dari kabupaten tetangga Purbalingga sedang ibu asli Cilacap. Beliau berdua bertemu waktu bapak ditugaskan dari pondok beliau Lirboyo untuk BSK di desa tempat ibu. Waktu itu ibu (kalo gak salah) masih nyantri di ponpes daerah Cilacap dan kemudian dua insan menikah terus muncullah kami anak-anak tercinta mereka (taraa). Bapak bekerja sebagai petani dan ibu ... beliau seorang ibu rumah tangga.

Awalnya saya mau dipondokkan di Lirboyo. Tapi gara-gara ada kerabat yang alumni pondok Al Hikmah Benda Sirampog Brebes yang menyarankan buat saya mondok ke pondoknya dulu itu, ya begitulah akhirnya saya terdaftar sebagai santriwati PONPES Al Hikmah Benda sampai sekarang. Tamat MTS tahun 2012 saya berangkat mondok. Masuk langsung diikutkan ndalem sebab dulu selama bapak di Lirboyo pun beliau selalu ikut ndlaem. Mungkin bapak ingin agar saya bisa seperti beliau. Dan setiap saya sambat mengeluh tentang ini itu tentang tugas ndalem maka beliau akan membandingkan dengan zaman beliau mondok-ngadam dulu. Jika sudah begitu saya ya bakal terdiam. Diskakmat bapak eh. Tugasku di ndalem kebagian racik-racik di dapur masak buat santri, membersihkan kamar ninge ,,, itu paling.

Namanya santri baru, kok jangankan baru yang lamapun kadang ngerasa gak betah. Iya kan? Semua pasti begitu. Namun sebenarnya yang lebih sering membuat galau bukan masalah ndalem. Alhamdulillah ndalem jarang ada masalah yang sampe bikin ingin boyong. Paling masalah terbesar yang sering dialami ya sama temen sendiri. Bla bla bla, jadi panas lalu satron (klise).

Alhamdulillah sejak awal saya minat takhfidz. Demi membuat diriku menjadi istimewa bagi diriku sendiri maupun bagi orang-orang di sekitarku. Dan yang pasti bagi my true beloved Allah SWT. Dan sejak tahun ajaran 2012-2013 Abah melarang anak takhfidz ikut kegiatan diniyah. Mungkin tujuannya agar bisa fokus sama Al Qurannya, karena kebanyakan mereka juga anak sekolah. Khawatir nanti sirahnya mbeluk lalu heng (Aaaa).

Tapi tetep ada ngajinya. Setiap hari selasa dan jumat. Tapi kadang gak ikut kegiatan ngaji kalau disuruh nemenin ning-nya tindakan terus njagain ning atau gus kecil. Jadi sering absennya.



Apalagi semenjak ada insiden umi jatuh terpeleset (tapi kurang faham detail kejadiannya karena pas tindakan itu), beliau jadi sering sakit-sakitan dan penyakit beliau malah jadi komplikasi. Ada waktu umi harus cuci darah tiap 1-2 kali seminggu. Saya yang nemenin, kadang gantian sama temen. Apalagi kalau pas umi harus dirawat berhari-hari atau berminggu-minggu. Di situlah waktu kegiatan ngajiku terkendala. Tapi sudah menjadi kewajiban yang tak mungkin kutinggalkan. Walau kadang di situ saya merasa sedih (umi .... saya rindu ...).
Sudah 4 tahun berjalan dan sampai bagaimanakah hafalanku? Waaaaaah tolong jangan tanya masalah itu! Malu eh saya. Dulu waktu awal-awal alhamdulillah saya rajin ngajine, rutin, yaa lumayan lah. Namun seterusnya, ah pandungane mawon. Sedih sekali sebenarnya sebab waktu selama 4 tahun yang sudah lewat seperti belum bisa dapat apa-apa.
Pengalaman berkesan yang pernah ku alami ... oh ya, waktu pernah dikira hantu! Iya. Sama anak yang habis pulang sekolah. Katanya waktu sekolah, di atas pohon depan kelas dia melihat hantu yang penampakan itu mirip denganku e. Haha. Terus pas dia lihat saya dia langsung lari ketsayatan (pernah kesurupan juga sih anaknya). Pas sudah tenang dia deketin saya lalu minta maaf. Tapi sebelumnya dia melihat kakiku terlebih dahulu ada apa nggak. Setelah tahu saya punya kaki kita berpelukan sambil maafan deh. Tapi ada hikmahnya juga. Ndak tahu kenapa saya jadi gak penakut. Padahal awal-awal saya masuk pondok kalau siang sengantuk apapun saya paksa gak tidur supaya malamnya saya bisa tidur nyenyak. Sebab bila tidak begitu takutnya malamnya bakal gak bisa tidur, jadi melek sendiri. Pasti langsung teringat cerita-cerita mbak-mbak senior tentang dunia lain. Hiiii.



Tidak jarang sebenarnya dapat masalah selama 4 tahun mondok. Mulai yang biasa sampai yang bagi saya sudah luar biasa. Membuat kepala serasa mau meledak. Untung saya punya tempat persembunyian yang aman. Yaitu di atas genteng. Genteng biasa. Kemiringannya tidak terlalu. Jadi bisa buat curhat-curhat, bergalau ria, merenung, meratapi nasib dan sebagainya. Bahkan bisa dibuat tiduran loh. Satu saat saya mendapat suatu masalah yang cukup serius. Ndilalah pas itu lagi udzur, jadi saya nangkring bergalau ria si atas genteng dari sebelum maghrib samapi lebih jam 12 malam. Hahaha (ups). Tapi itu duluuu. Semenjak ada genteng yang bocor sudah gak ada yang berani nait atas genteng lagi. Kecuali ... saya yang masih hobi nglanggar. Uhuii.

Untuk saat ini ingin saya Cuma menjadi yang lebih baik dari yang dulu. Sederhana saja. Tetap berjalan dan berjuang. Pun rien gih. 

Comments