Jodoh Itu Gampang-gampang Angel



•••
" J o d o h "

Perihal jodoh, orang jawa mengatakan "gampang-gampang angel", kadang sudah pacaran bertahun-tahun "diboncengi ngalor ngidul wes koyok bojone" tapi ternyata tidak sampai ke pelaminan, kadang sudah tunangan seakan-akan 80% sudah positif ke jenjang pernikahan tapi tidak jadi ijaban, bahkan kadang sudah lamaran dan menentukan hari ternyata gagal nikah. Memang jodoh itu sirrun min asrorillah (rahasia dari beberapa rahasia Allah), hak prerogatif Allah, pun juga takdir yang mubrom, maksudnya :

ﻗﻀﺎﺀ ﻣﺒﺮﻡ : ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﺍﻷﺯﻟﻲ، ﻭﻫﻮ ﻻ ﻳﺘﻐﻴﺮ. ﻓﺘﺎﻭﻱ ﺍﻟﺴﺒﻜﻰ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﺔ : ج ١

Qodlo Mubrom adalah bersifat ketetapan azali yang tidak bisa berubah. Sengebet apapun anda ingin menikah kalau bukan jodoh tak akan kesampaian juga.

Maka habib Umar bin Hafidz pernah berpesan, "sebagai darah muda, memikirkan tentang jodoh itu wajar, tetapi tidak seharusnya waktumu habis untuk memikirkan sesuatu yang sudah dijamin untukmu".

Seirama dengan beliau, KH. Maftuh Basthul Birri pun berpesan, "Orang berpacaran, cowok mikir cewek atau cewek mikir cowok, pasti selalu gelisah tak pernah tenang hidupnya, kalau itu tidak dihilangkan. Maka, hilangkanlah, anda akan sangat beruntung, hidupnya bisa tenang dan bahagia. Karena, itu sangat sulit dihilangkan kalau sudah kadung. Maka, jangan coba-coba, hati-hati sejak awal, selalu menjaga diri, jaga jarak antara putra dan putri berlainan jenis yang bukan mahram. Jangan memudahkan bergaul. Jangan sampai terkena imbas dari berpacaran. Semua tidak ada gunanya. Mintalah pasangan hidup langsung kepada Allah dengan penuh kesabaran dan tawakkal".

➖➖➖
Follow :
Instagram @ppmqlirboyo
Facebook @ppmqlirboyomedia
Twitter @Lirboyoppmq
➖➖➖

#dawuh #kyaiku #ahlulquran #pondoklirboyo #ulamanu #ulamanu #ulamasalaf #ulamaindonesia #nu #ajegnderes #galeriulama #galerysantri #alasantri #alanu #kyai #nahdatululama

Comments