Mencoba Bertahan Di Sini


Oleh: Intan E. N. A.
“Tilawah itu selalu membuatku harus tersedu”

Dulu ceritanya awal aku pergi teng pondok karena dari tekad dan keinginanku sendiri. Sebab kedua orang tua tidak mau memaksa saya terkait pendidikan. Entah itu formal ataupun non formal. Dan alhamdulillah akhirnya saya diikutkan mondok mbak Susi (sekarang istri ustadz Muharrom) di PP. Adnan Al Charish.
Terkait keluarga saya ,,, orang tua saya hanya pekerja tani. Bapak di samping tani punya tanggungan ngurusi masjid meskipun beliau tidak lulusan pondok dan tidak pula lulusan madrasah. Bapak dulu hanya ikut ngaji tiap sore. Dan setiap hari jumat atau ketika PHBI, malam takbiran untuk prepare sholat ied bapak bertugas membersihkan mulai halaman dan masjid sendiri. Dan ibu sayapun bukan lulusan pondok. Latar pendidikan keluarga saya benar-benar sangat biasa.
Punya keinginan mondok sebenarnya ingin pondok pesantren yang ada hadrahnya, sebab saya merasa senang dan ayem setiap melihat hadrah. Dulu sempat saya punya minat untuk ikut hadrah. Duluuuu. Meskipun akhirnya Adnan Al Charish waktu itu belum ada hadrahnya. Tidak apa-apa. Jatah saya memang di sini bagaimanapun keadaannya.
Awal-awal mondok rasanya seneeeeng banget. Tapi berjalannya waktu 2 minggu sudah muncul keinginan untuk mantuk. Heee. Apalagi saat mendengar qori’ shubuh dari mushola pondok. Dulu sebelum pondok mengganti tarhim dengan qori itu, masjid desa Ngumpakdalem setiap pagi sebelum manjing shubuh qori’nya itu. Nah di situlah saya jadi teringat dengan bapak. Sebab waktu kelas 6 sebelum shubuh bapak sudah membangunkanku untuk diajaknya bersih-bersih masjid, yang diputar qori’nya itu. Walah ... pokok setiap pagi saya mewek tapi tidak kuperlihatkan kepada siapapun.Yang mengerti cukup saya dan Allah saja. Bahkan sampai saat inipun saya masih merasa terenyuh setiap mendengar lantuna tilawah itu. Laqod kaana lakum.
Dulu guru yang paling kutakuti adalah Bu Mus. Eh sekarang malah jadi teman. Hehe. Apalagi setiap pelajaran apalagi hafalannya. Serasa benar-benar ingin segera pulang saja. Beliau bukannya kejam. Hanya saja saya yang merasa tertekan. Beliau dalam mengajar sangat tegas dan berusaha untuk mendisiplinkan setiap siswinya. Tertekan rasanya. Takut setiap jadwal pelajaran Bu Mus.
Di kelas selanjutnya yang kurasakan berat adalah pelajaran tasrif. Ustadz Mapelnya pak haji Sahlan yang sampai saat ini masih muqim di PP. Setiap ada yang salah atau tidak hafal pasti oleh beliau akan disuruh berdiri terus. Untuk kelas selanjutnya sudah terasa mudah semua. Hanya yang sebenarnya kusesali diniyahku ternyata kalah dari sekolah formalku. Untung sejak tahun pertama sudah bisa kerasan. Jadi bisa bertahan sampai lulus diniyah.
Mulai ikut ndalem saat di kelas imsithi. Awalnya hanya ikut-ikutan eh ternyata malah keasikan dan nerus. Awal-awalnya saya diajak mbak durroh masak sebab mbak Aini sudah tidak di pondok lagi. Eh kok kemudian malah mbak Durroh tinggal menikah dengan ustadz Rozi. Haha.

Di ndalem kubuat enjoy saja. Pokok ngalaf berkah. Dari saya berjuang kaleh pak Sugeng membuat kraza dari ketela, membuat jajan mie jari-jari, ditekadi sampai jam 2-3 pagi agar bisa dapat uang untuk belanja besoknya. Pernah saat begitu bertubukan dengan kegiatan UTS di madrasah. Waktu pulang saya merasakan sangat pusing sampai pingsan. Eee ternyata saya terkena vertigo. Sebab pas terlalu terforsir tenaganya. Di pondok, di ndalem di madrasah kebetulan juga jadi OSIS. Hari-hari yang sangat padat. Sekarang sih rasanya tanggungan anak ndalem gak sekeras dulu. 

Comments